Rancangan Antar Muka (Interface) Mylaundry.com

TUGAS ANALISIS PERANCANGAN SISTEM
Dosen : Dr. Drs. ERI ZULIARSO, M.KOM
Anggota Kelompok :
1. Shania Sadhana Puja (15.05.52.0064)
2. Neni Mutianingtias (15.05.52.0066)
3. Putri Ayu Setia Nurlailan (15.05.52.0081)

PENGERTIAN Antar Muka (Interface)
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

Tujuan dari Perancangan Antarmuka Pengguna adalah merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat lunak. Efektif artinya siap digunakan, dan hasilnya sesuai dg kebutuhan. Kebutuhan disini adalah kebutuhan penggunanya.

Prinsip –prinsip dalam merancang user interface
  1. User familiarity / Mudah dikenali : gunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan directories, file, identifiers. -- jenis document open office.
  2. Consistency / “selalu begitu” : Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. -- layout menu di open office mirip dgn layout menu di MS office.
  3. Minimal surprise / Tidak buat kaget user : Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
  4. Recoverability/pemulihan : Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
  5. User guidance / bantuan : Sistem manual online, menu help, caption pada icon khusus tersedia.
  6. User diversity /keberagaman : Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar.

User Interaction (Interaksi pengguna)

Perancang sistem menghadapi dua masalah penting yaitu bagaimana informasi dari user bisa disediakan untuk sistem komputer – misalnya pada saat input data dan bagaimana informasi dari sistem komputer ditampilkan untuk user – hasil dari pemrosesan data. User interface yang baik harus menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation).

Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:

1. Direct manipulation

Pengoperasian secara langsung: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.

  • Kelebihan: Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.
  • Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek

2. Menu selection 

Pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnyasaat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.

  • Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
  • Kekurangan :Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.

3. Form fill-in 

Pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh: Stock control.

  • Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari
  • Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.

4. Command language

Perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.

  • Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
  • Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya – tidak cocok untuk user biasa.Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.

5. Natural language 

Perintah dengan bahasa alami: Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.

  • Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat) – misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
  • Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
===========================================================================

Rancangan Antar Muka (Interface) Mylaundry.com

1. Tampilan awal ketika membuka aplikasi Mylaundry.com


2. Pada tampilan 1 terdapat pilihan Login dan Register. Login digunakan apabila pelanggan sudah mempunyai account pada aplikasi dan ingin mengaksesnya kembali. Sedangakan register dapat digunakan oleh pelanggan apabila pernah melakukan registrasi sebelumnya. Begini untuk tampilan apabila pelanggan memilih Login. Pelanggan hanya perlu untuk mengisikan Nama dan juga ID Member yang sudah di dapat pada saat Registrasi pertama kali.


3. Lalu untuk tampilan Register, karena pada saat Register pelanggan baru pertama kali mendaftar maka pelanggan perlu untuk mengisikan data seperti Nama, Alamat, dan juga No HP, lalu klik Next.

4. Berikut merupakan tampilan saat pelanggan telah selesai melakukan Login maupun Register pada aplikasi Mylaundry.com, pelanggan dapat melakukan pesanan baru untuk laundry pakaian, melihat Riwayat Pesanan yang sebelumnya sudah pernah dilakukan maupun untuk Ganti Detail Akun yaitu mengganti Nama, Alamat maupun No HP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Data Flow Diagram (DFD) Mylaundry.com

Sistem Informasi Usaha Laundry, MyLaundry.com

Rancangan Entity Relationship Diagram (ERD) Mylaundry.com